cover
Contact Name
Setia Rahmawan
Contact Email
setia.rahmawan@uin-suka.ac.id
Phone
+6285729537765
Journal Mail Official
jtcre@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Department of Chemistry Education 2nd floor, Faculty of Education and Teaching Training Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Marsda Adisucipto Street, Yogyakarta Phone +62-274 519739 Fax. +62-274 540971
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Tropical Chemistry Research and Education
ISSN : 2685144X     EISSN : 26855690     DOI : https://doi.org/10.14421/jtcre2020.22-01
Core Subject : Science, Education,
This journal encompasses original research article and review articles related tropical chemistry, but it is not restricted to, including: Lab based research Teaching & Learning Material Learning Learning Media/Multimedia Evaluation & Assessment Higher Order Thinking Skills Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education Chemical Content Learning Strategy School Laboratory Experiment
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2019)" : 6 Documents clear
Pengembangan Modul Kimia Android Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Pada Materi Laju Reaksi D. Adi Prastiyo U
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i2.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul kimia android sebagai media pembelajaran mandiri pada materi laju reaksi yang berkualitas baik, efektif, dan ideal digunakan. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan mengadaptasi model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan desiminate. Hasil penelitian menunjukkan (1) penilaian kualitas mendapat kategori baik dari ahli media dan kategori sangat baik dari ahli materi dan guru kimia; (2) 81,81% siswa memperoleh skor evaluasi di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan KKM sebesar 70; (3) siswa memberikan respon dengan persentase keidealan 94%. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran yang dikembangkan berkualitas baik, efektif, dan ideal digunakan.
Pengaruh Model Talking Chips Disertai Guided Note Taking Terhadap Keterampilan Komunikasi Desma Hanjani Putri
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i2.33

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh model Talking Chips dengan Guided Note Taking terhadap keterampilan komunikasi peserta didik berdasarkan hasil kuesioner dan observasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Skor rata-rata kuesioner dan observasi pada kelas eksperimen adalah 3,26 dan 3,24, sedangkan di kelas kontrol sekitar 3,05 dan 3,02. Analisis kuesioner dan hasil observasi dengan uji "Mann Whitney" menunjukkan Sig. (2-tailed) adalah 0,001 dan 0,000. Nilai signifikansi (2tailed) <0,05 maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan perlakuan terhadap keterampilan komunikasi.
Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Dengan Responsive Website Imam Aditya Ramadhan
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i2.34

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran responsive website kimia yang menarik dilengkapi dengan video pembelajaran, soal berbatas waktu untuk siswa SMA/MA kelas XII semester dua. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, selanjutnya media divalidasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan peer review, untuk dinilaikan kepada dosen ahli dan tiga orang guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Produk juga direspon oleh siswakelas XII MIPA. Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian ahli materi meliputi aspek penyajian materi, kebenaran konsep, kebahasaan dan penilaian belajar masing-masing mendapatkan persentase keidealan 80% dengan kategori Baik (B). Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian ahli media meliputi aspek kualitas tampilan dan fungsional masing-masing mendapatkan persentase keidealan sebesar 96,6% dengan kategori Sangat Baik (SB). Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian guru kimia pada aspek penyajian materi memperoleh persentase keidealan 84% dengan kategori Sangat baik (SB), aspek kebenaran konsep memperoleh persentase keidealan 83,3% dengan kategori Baik (B), aspek kebahasaan memperoleh persentase keidealan 86,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), aspek penilaian belajar memperoleh persentase 86,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), aspek kualitas tampilan memperoleh persentase keidealan sebesar 91,1% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan aspek fungsional memperoleh persentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB). Kualitas Responsive Website dapat dikatakan Sangat Baik (SB). Hasil respon siswa kelas XII jurusan MIPA terhadap responsive website yang dikembangkan dengan persentase keidealan 94,5% yang dapat disimpulkan bahwa Responsive Website Kimia layak digunakan sebagai media dan sumber belajar mandiri siswa.
Pengembangan Buku Karya Ilmiah Remaja Kimia Berbasis Pendekatan SETS Nila Asmila Sari
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i2.35

Abstract

Penelitian pengembangan (R&D) ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buku karya ilmiah remaja kimia berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and society) dan kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik yang mengikuti kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja. Penelitian dilakukan dengan model pengembangan 4D yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Produk hasil validasi dinilaikan kepada pendidik kimia dan direspon oleh peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa angket respon yang terdiri dari 10 aspek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik buku karya ilmiah remaja kimia yang dikembangkan memuat penjelasan dan contoh penelitian yang dikaitkan dengan pendekatan SETS, menghubungkan konsep materi dengan kehidupan sehari-hari, dan penggunaan metode penyusunan karya tulis ilmiah remaja disesuaikan dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Kualitas buku karya ilmiah remaja berbasis pendekatan SETS adalah Sangat Baik berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengan persentase keidealan secara berturut sebesar 87,69% dan 90%. Penilaian produk oleh pendidik kimia memperoleh persentase keidealan 87,01% sehingga termasuk kategori Sangat Baik. Respon peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler KIR memperoleh persentase keidealan 96,88% sehingga termasuk kategori Sangat Baik. Buku panduan peserta didik layak digunakan sebagai media dan sumber belajar mandiri peserta didik.
Pengembangan Modul Materi Elektrolisis Kimia Berbasis Scientific Approach Dyah Hesti Handarini
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i2.36

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul kimia berbasis scientific approach pada pembelajaran elektrolisis sebagai sumber belajar peserta didik kelas XII SMA/MA. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini menggunakan empat tahapan yaitu define (pendefinisisan), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan) namun tahap penyebarluasan tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk modul kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media dan tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 3 guru kimia SMA/MA yang memahami scientific approach serta direspon oleh 10 peserta didik kelas XII SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list). Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif menggunakan skala likert. Karakteristik modul yang dikembangkan adalah memuat tahap scientific approach yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan membentuk jejaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul kimia yang dikembangkan menurut tiga guru kimia SMA/MA memiliki nilai Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 110 dari skor maksimal ideal 120 dan persentase keidealan sebesar 91,67%, sedangkan respon dari sepuluh peserta didik memiliki respon Baik (B) dengan skor 56,3 dari skor maksimal 68 dan persentase keidealan sebesar 82,79%. Dari hasil ini maka, modul kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran elektrolisis kelas XII SMA/MA.
Peranan E-Learning Terhadap Beban Kerja Guru Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Andika Setyana
Journal of Tropical Chemistry Research and Education Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Chemistry Education Department, Faculty of Tarbiyah and Education, UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37079/jtcre.v1i2.37

Abstract

Adanya peraturan beban kerja guru dari pemerintah membuat guru harus benar-benar bisa mengatur waktu dengan baik supaya siswa bisa mendapat hasil belajar yang maksimal, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media e-learning. Tujuan Penelitian yaitu melakukan kajian mengenai dampak elearning terhadap beban kerja guru terkait aktivitas kerja dalam waktu satu semester dan hasil belajar siswa yang sudah memanfaatkan e-learning serta hasil belajar siswa yang belum memanfaatkan elearning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk melakukan kajian mengenai dampak e-learning terhadap aktivitas kerja guru adalah deskriptif yaitu menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, angket, dan analisis dokumen. Metode yang digunakan untuk melakukan kajian mengenai hasil belajar siswa adalah kuantitatif, yaitu menggunakan uji t untuk mengkaji hasil belajar siswa melalui dokumen nilai UH siswa dari kelas yang sudah memanfaatkan e-learning dan nilai UH siswa dari kelas yang belum memanfaatkan e-learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak e-learning terhadap beban kerja guru terkait aktivitas kerja dalam satu semester adalah membantu guru memberikan referensi dan tugas kepada siswa, membantu melaksanakan UH, membantu mengoreksi hasil pekerjaan siswa yang sifatnya pilihan ganda dan membuat guru memiliki waktu untuk mengerjakan tugas lain. Hasil belajar siswa yang sudah memanfaatkan e-learning dengan hasil belajar siswa yang belum memanfaatkan e-learning berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan yaitu dengan nilai sig. 0,037

Page 1 of 1 | Total Record : 6